Selasa, 13 Maret 2012

Konsep Proses SO pada windows mobile 5.0

Konsep Windows Mobile 5.0 (WM5)
Windows mobile yang sebenarnya dinamakan "Magneto" ini dirilis di Microsoft’s Mobile and Embedded Developers Conference 2005 di Las Vegas 9-12 Mei 2005. Pertama kali dikeluarkan oleh Dell Axim x51. Sistem operasi ini menggunakan .NET Compact Framework 1.0 SP3 – sebuah program yang miliki format .NET.
  • Windows Mobile memiliki peningkatan fungsionalitas Microsoft Exchange Server “push” yang beroperasi dengan Exchange 2003 SP2. Fungsionalitas “push” juga membutuhkan dukungan dari Adaptation Kit Upgrades (AKU) 2 untuk menaiktingkatkan ponsel WM 5.0 yang memiliki DirectPush.
  • WM 5.0 dapat menghemat umur baterai dengan karena kapabilitas Persistent storage. Sebelumnya, 50% energi baterai terbuang hanya untuk menyimpan data.
  • AKU 3.5 juga diluncurkan untuk WM 5.0.

Kesan pertama: sedikit perubahan kosmetik dari Microsoft

Setelah proses upgrade selesai, maka Anda akan mendapatkan sebuah device “baru” dalam kondisi “bersih”. Tampilan awal tidak jauh berbeda, yaitu Anda harus melakukan proses kalibrasi touch screen dan melakukan beberapa konfigurasi. Satu perbedaan yang cukup signifikan adalah tampilan password. WM 5.0 secara otomatis akan menampilkan tampilan yang memungkinkan Anda untuk memasukkan PIN. Fungsinya tentu saja untuk menjaga keamanan Pocket PC itu sendiri. Namun, Microsoft masih menyediakan sebuah tombol “Skip” untuk Anda yang tidak ingin menggunakan password.

Konsep baru: Dua soft button pada bagian bawah layar mengingatkan akan tampilan layar sebuah ponsel.
Setelah menyelesaikan semua proses ini, Anda akan langsung dibawa ke tampilan Today. Tampilan Today-nya memiliki beberapa perubahan yang cukup terlihat, yaitu dengan adanya soft button pada bagian bawah layar. WM 5.0 menyediakan dua buah soft button yang bisa di-assign sesuai dengan kebutuhan.
Konsep soft button ini tampaknya akan mengubah pola kerja aplikasi built-in pada WM 5.0 ini. Menu dari aplikasi built-in juga memanfaatkan soft button. Dengan adanya soft button, posisi system tray akan naik satu baris.

Konsep “baru”: cukup satu tangan

Salah satu “kelemahan” Pocket PC adalah ia relatif sukar untuk digunakan dengan satu tangan. WM 5.0 tampaknya menjawab tantangan tersebut. WM 5.0 memungkinkan Anda untuk mengakses berbagai menu dengan satu tangan saja (menggunakan joystick atau tombol navigasi yang ada pada Pocket PC).

Kompatibel: Beberapa program populer yang sempat dicoba oleh CHIP masih bisa berjalan mulus pada WM 5.0.
Menggunakan konsep baru ini, WM 5.0 akan lebih praktis untuk digunakan. Anda bisa mengakses berbagai menu tanpa harus menyentuh layar dan menggunakan stylus. Tentu saja, Anda harus membiasakan diri terlebih dahulu dengan konsep baru ini.

Fitur atau aplikasi yang tertanam pada WM5
-Office versi baru, yaitu “Office Mobile” 
-Windows Media Player 10 Mobile
-Foto pada Caller ID 
-DirectShow  
-Picture and video packaging 
-Bluetooth yang disempurnakan 
-GPS 
-Qwerty keyboard 
-Fasilitas pelaporan kerusakan mirip dengan yang ada pada sistem Windows PC 
-ActiveSync 4.2 dengan penambahan kecepatan sinkronisasi sebesar 15%

1 komentar:

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.